Fakta Tentang Radikal Bebas dan Penangkalnya

Antioksidan

Antioksidan

Tidak semua radikal bebas itu jahat dan harus dilawandengan antioksidan. Radikal bebas sebenarnya adalah hasil dari metabolisme tubuh yang disebut oksidasi. Radikal bebas adalah pertahanan tubuh yang paling penting. Sel-sel imun akan menembak radikal bebas pada bakteri untuk membunuhnya. Yang berbahaya adalah jika radikal bebas terlalu banyak diproduksi dan bisa disebabkan karena, rokok, polutan, dan sinar UV.
Hal kedua yang perlu anda ketahui adalah tidak semua antioksidan sama. Ada sekitar 8000 jenisnya. Vitamin, flavonoid, dan polifenol juga termasuk anti oksidan, karena setiap senyawa yang melawan oksidasi adalah anti oksidan.
Ketiga, anti oksidan tidak hanya ada pada buah dan sayuran. Pada dasarnya setiap makanan dari kacang, polong-polongan, daging, dan lainnya mengandung zat penangkal radikal bebas, karena semua makhluk hidup sebenarnya memiliki anti oksidan sendiri.
Untuk mendapat anti oksidan yang maksimal, anda tidak boleh memakan satu jenis makanan saja. Variasikan makanan anda. Jika, anda hanya memakan makanan tertentu, anda hanya mendapat satu atau tiga jenis anti oksidan saja.
Untuk membuat tubuh anda fit, anda memang dianjurkan untuk olahraga dan mengkonsumsi cukup anti oksidan. Namun, jangan menggunakan suplemen untuk mendapatkan anti oksidan. Suplemen bisa memberikan efek negatif pada tubuh seperti, menguras tenaga. Untuk mendapatkan antioksidan yang baik, tetaplah memakan makanan alami yang anda olah sendiri.

Sumber  . . .

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s