Cara Mencuci Tangan yang Benar

Penderita Flu

Penderita Flu

Gejala flu bisa timbul akibat kita tidak rajin menjaga kebersihan rumah dan malas mencuci tangan. Ya, mencuci tangan sangatlah penting karena dengan cara itu kita dapat membunuh virus dan kuman sebelum masuk ke dalam tubuh melalui mulut, hidung, dan mata. Memang cukup sulit untuk menghentikan kebiasaan memegang organ-organ tubuh tadi menggunakan tangan yang tidak steril. Maka dari itu, kita harus rajin mencuci tangan bukan hanya saat hendak makan, tapi juga setelah memegang fasilitas umum, setelah menggunakan toilet, setelah batuk atau bersin, juga setelah bersentuhan dengan penderita flu.

Untuk mencegah gejala flu, anda perlu mengetahui cara mencuci tangan yang baik dan benar. Mula-mula, basahi tangan dengan air hingga melewati pergelangan tangan. Gunakan sabun anti bakteri untuk membersihkan seluruh bagian tangan, termasuk sela-sela jari dan kuku. lakukan hingga 20 detik. Bilas menggunakan air, lalu keringkan tangan menggunakan tisu atau lap bersih. Tutup keran air menggunakan tisu atau siku.

Jika sulit menemukan air, anda bisa menggunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol dan anti bakteri untuk membersihkan tangan. Hand sanitizer lebih praktis dan mudah untuk dilakukan karena tidak membutuhkan air, jadi selalu sediakan di saku atau tas anda. Anda bisa menggunakannya ketika tangan tidak tampak kotor. Namun, tetaplah gunakan air dan sabun jika di tangan anda terdapat kotoran yang terlihat jelas.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s